Selasa, 03 November 2009

POPNAS X: 95 Atlet Lampung Lolos Verifikasi

Kontingen Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) Lampung akan dilepas secara resmi oleh Gubernur Lampung Sjahroedin Z.P., hari ini (30-10). Lampung mengirimkan 95 atlet dari 12 cabang yang telah melalui pemeriksaan keabsahan data atlet yang digelar panitia kegiatan di Yogyakarta, Kamis (29-10).

Ketua Kontingen Lampung Sudjanu Purwanto mengatakan secara keseluruhan atlet Lampung siap mengikuti ajang kompetisi olahraga akbar tingkat pelajar itu. Hari ini (30-10), kontingen Lampung akan berangkat menuju lokasi pertandingan. Namun, sebelumnya akan dilepas secara resmi oleh Gubernur Lampung Sjachroedin Z.P. di Gedung Sumpah Pemuda, Way Halim, Bandar Lampung.

"Alhamdulillah seluruh atlet dalam kondisi baik. Tidak ada yang cedera. Mudah-mudahan keadaan itu akan bertahan hingga pertandingan. Namun itu tidak terlepas dari doa dan dukungan masyarakat Lampung agar mereka (atlet, red) bisa menorehkan prestasi maksimal," kata Kepala Bidang Olahraga Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Lampung ini saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (29-10).

Sementara dari hasil verifikasi, data seluruh atlet Lampung dinyatakan sah. Seluruh data diri atlet serta pelatih telah memenuhi persyaratan dan diperkenankan mengikuti cabang olahraga masing-masing. Hal itu diungkapkan tim aju kontingen Lampung Edi Sunarso. Melalui sambungan telepon Edi mengatakan seluruh data wakil Lampung Lampung dinyatakan sah.

Sebagai proses lanjutan, masing-masing cabang akan mengikuti technical meeting yang akan digelar sehari sebelum pertandingan masing-masing cabang. "Pelaksanaan technical meeting dilakukan 1 November, kecuali cabang olahraga renang yang dilakukan pada 31 Oktober."

Mengenai sarana olahraga yang digunakan, Edi mengatakan tuan rumah secara resmi menyatakan kesiapannya menggelar ajang yang akan digelar 2--11 November nanti. Beberapa sarana yang akan digunakan antara lain lapangan atletik Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Untuk dayung akan dipusatkan di Sungai Opak atau Kali Opak, Kecamatan Kretek Kabupaten Bantul. Sungai yang cukup lebar dan panjang itu sering digunakan sebagai arena olahraga dayung baik itu event daerah maupun nasional.

Lapangan Kridosono Kotabaru, yang berlokasi di tengah Kota Yogyakarta rencananya digunakan untuk cabor panahan. Selain dapat digunakan cabor panahan juga sebagai ajang kegiatan lain yang bersifat akbar.

"Selain di lapangan Kridosono, panahan juga akan menggunakan gelanggang olahraga UPN Veteran yang berada di Jalan Lingkar Utara, Condongcatur, Sleman."

Untuk renang, menggunakan fasilitas kolam renang FIK UNY yang berada di Jalan Colombo No.1 Yogyakarta. GOR Lembah Universitas Gadjah Mada (UGM) yang terletak di Jalan Bulaksumur digunakan untuk cabor senam. Untuk sepak takraw ditempatkan di GOR STIM YKPN Jalan Palagan Tentara Pelajar Km.7, Yogyakarta, sedangkan tenis meja dilangsungkan di GOR Pangukan, Sleman.

Judo mengambil tempat di Padepokan Judo PJSI Komplek BPKB, Bangutapan, Bantul. Sementara gulat di GOR Akademi Akutansi Yayasan Keluarga Pahlawan Negara yang berada di Jalan Gagakrmang, Klitren. Untuk sepak takraw GOR STIM YKPN Jalan Palagan Tentara Pelajar Km 7.

Bola voli pasir rencananya digelar di Stadion Mandala Krida, Jalan Kenari Yogyakarta. Sedangkan pencak silat dilangsungkan di GOR UPN Veteran Jalan Lingkar Utara, Condongcatur, Sleman.

Cabang andalan Lampung angkat besi akan dihelat di Gedung olahraga Victory di Jalan Veteran 19-23 Yogyakarta. Masyarakat Yogyakarta lebih mengenal sebagai Victory Fitness Center.(lampost)

Tidak ada komentar: